UA-111174953-1

Kamis, 07 Desember 2017

Gatal Akibat Terbakar Sinar Matahari

Kulit tiba-tiba terasa gatal, panas dan beruntusan setelah berlama-lama berenang di laut? Ini adalah efek dari sunburn (terbakar matahari) yang menyebabkan rasa tidak nyaman sekalipun sudah memakai sunblock. Biasanya gejala tersebut tidak langsung muncul setelah selesai aktivitas, namun memiliki jeda beberapa jam hingga 1-2 hari.

Area yang sering terkena sunburn ini biasanya sekitar paha, punggung, dan dada karena daerah ini sangat sensitif. Gejala diawali dengan berubahnya warna kulit menjadi kemerahan disertai bentol atau beruntus di beberapa bagian kulit. Lalu akan terasa gatal sangat tajam hingga perih ketika tersentuh.
Pada kondisi ini sebaiknya tidak menyentuh bagian yang gatal apalagi menggaruknya karena akan menambah rasa gatal dan menyebabkan infeksi. Diamkan dan nikmati saja :).

Untuk mengurangi rasa gatal, ada banyak cara tradisional yang bisa dicoba. Tapi, di sini aku berbagi pengalaman dengan cara yang simple karena ga mau repot motong dan membersihkan lidah buaya atau kentang. Caranya:


  •       Selalu bersihkan daerah yang gatal dari air dan debu
Saat kulit sedang meradang, sebaiknya tetap jaga kebersihan kulit agar tidak kotor dan lembap. Oleh karena itu, segera bersihkan kulit saat terkena air dan debu/polusi.


  •        Gunakan pakaian katun
Untuk tetap menjaga kebersihan kulit, sebaiknya gunakan pakaian berbahan katun karena bahan ini memiliki daya serap yang tinggi dan memberikan rasa nyaman dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya.


  •        Gunakan olive oil
Ini adalah senjata utama saat gatal-gatal mulai menyerang. Balurkan olive oil ke daerah yang meradang dan pijat lembut selagi gatal menyelekit muncul. Memang tidak langsung menghilangkan rasa gatal, tetapi minyak yang memiliki ratusan khasiat ini mampu mereleksasi kulit dan meredam panas.

Dengan menerapkan cara di atas, gejala-gejala tersebut biasanya akan hilang dalam 2-3 hari. Jadi, nikmati saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar