UA-111174953-1

Senin, 09 Januari 2017

Kecantikan Pantai Balangan dari Atas Tebing

Pantai Balangan dari atas tebing


Berkunjung ke Pulau Bali seakan tidak ada habisnya untuk dieksplor keindahannya, terutama pantai. Pernahkan kalian mendengar Pantai Balangan? Pantai ini sangat terkenal di kalangan netizen karena banyak sekali sudut-sudut di pantai ini yang instagramable banget. Kebanyakan netizen mengambil foto dari atas tebing yang langsung menghadap garis pantai yang memanjang hingga dibatasi tebing lainnya di kejauhan. Hasilnya? Bikin semua yang melihat foto tersebut ingin segera menjelajah pantai ini. Termasuk saya.

Cara menuju Pantai Balangan? Pantai ini tidak terlalu jauh dari bandar udara Ngurah Rai, hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit dengan jarak 17 km karena terletak di Kuta Selatan, Jimbaran, Kabupaten Badung. Untuk menuju pantai ini, kalian bisa menyewa motor atau mobil sendiri karena tidak ada kendaraan umum atau bisa juga menggunakan taxi atau ojek online yang tersedia di Bali. Tapi, jika kalian menggunakan kendaraan online, kalian akan mengalami kesulitan saat kembali ke tengah kota, karena kebanyakan dari mereka tidak mau menjemput ke Pantai ini (alasannya karena terlalu jauh atau karena memang tidak diperbolehkan mereka menjemput di daerah pantai ini). Di sepanjang jalan, kalian akan menemukan kafe, restoran dan bar dengan interior unik-unik juga guest 
house/homestay dengan fasilitas sederhana hingga penginapan mewah.


Sesampainya di pintu masuk, kalian akan diminta untuk membayar retribusi sebesar Rp5.000/orang. Dari tempat parkir, kalian bisa memilih mau ke atas tebing atau langsung menginjak pasir putih Pantai Balangan. Jika kalian ingin melihat keindahan Pantai Balangan dari atas tebing, kalian harus berjalan ke kanan dan mendaki tanjakan yang tidak terlalu terjal juga tidak terlalu jauh. Dari tanjakan itu, jangan langsung menuju titik utama tebing, tapi kalian bisa berhenti di setiap titik karena angel foto akan terlihat lebih menarik dan bervariasi dengan perspektif yang berbeda-beda. Sebaliknya, jika kalian ingin langsung bermain air, kalian bisa langsung berjalan lurus dan menuruni beberapa anak tangga. Jika kalian sudah menginjak halusnya pasir putih, berarti kalian sudah sampai di Pantai Balangan!



Di pantai ini, kalian dapat menyewa payung atau hanya sekadar menggelar kain untuk berjemur. Di sini juga tersedia kamar mandi dan tempat bilas yang bisa digunakan dengan membayar Rp5000-Rp10.000. Banyak wisatawan asing dan domestik yang menikmati pantai ini, jadi kalau kalian ingin merasakan Pantai Balangan sebagai pantai pribadi, kalian bisa datang lebih pagi. Selain lebih sepi, akan lebih segar menikmati udara pagi hari langsung dari salah satu pantai terindah di Bali ini. Tak heran, jika pantai ini banyak dijadikan tempat romantis untuk melakukan pre wedding  karena halusnya pasir putih, view tebing dan garis pantai yang landai serta  gradasi air berwarna hijau dan biru.
Berlama-lama merasakan hembusan angin segar di pantai ini, kalian tidak usah khawatir kelaparan karena di pinggir pantai terdapat tempat makan yang menyediakan banyak menu makanan dan minuman dengan harga yang standard. Saya membeli Chicken Gordon Blue seharga Rp50.000 dan Omelete Rp25.000, untuk minuman air mineral seharga Rp6.000 dan coke Rp10.000 (untuk minuman kira-kira segitu).




Ada Santa di pantai!

Seusai mengeksplorasi Pantai Balangan, jangan langsung kembali ke penginapan karena kalian bisa langsung mampir ke Pantai Dreamland yang hanya kurang lebih 10 menit dan Pantai Bingin yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Balangan. So, enjoy your beach trip!

1 komentar: